04/01/14

Hari Ulang Tahun Kabupaten Malang

Gumebyar Bumi Kanjuruhan 

Acara yang sudah menjadi kegiatan tahunan Kabupaten Malang semenjak 2012. Kegiatan yang menjadi puncak peringatan ulang tahun Kabupaten Malang ini memdiwujudkan dalam berbagai bentuk acara, antara lain :
1. Lomba
2. Bazar/pameran,
3. Hiburan tontanan (wayang, musik, dll)
3. Pawai (acara utama)



Minat masyarakat terhadap acara Gumebyar Bumi Kanjuruhan ini sangat besar.Setidaknya hal ini dapat ditunjukkan dengan jumlah penonton kirab dan pengunjung yang jumlahnya mendekati angka ratusan ribu. Belum lagi jumlah peserta yang begitu banyak. Mereka datang tidak hanya dari Kota Kepanjen dan sekitarnya, tetapi juga dari “pojok lor-wetan-kidul-kulon” Kabupaten Malang.

Sebagai warga Kab. Malang, tentu ada baiknyaapabila kita memberikan sumbangan pemikiran untuk memaksimalkan potensi acara tahunan seperti ini. Bila acara ini digarap dengan lebih baik lagi, dimasa mendatang bukan tidak mungkin akan menjadi acara yang berkelas propinsi, nasional, atau bahkan internasional macam jember fasihion carnival atau tournament of roses di Pasadena-California – Amerika Serikat. Untuk menuju ke sana, yang entah perlu berapa tahun lagi. Sekian Tahapan harus ditempuh. Setidaknya ada langkah-langkah awal yang ditempuh.

Promosi Acara
Rangkaian acara perlu dipromosikan lebih banyak. Selain memperbanyak baliho/poster dan kerja sama dengan media local. Disamping ini tidak menutup kemungkinan, acara dipromosikan di luar Kabupaten Malang untuk lebih menarik pengunjung dari luar. Saat Hari H, undangan terhadap media-media berkelas nasional mungkin juga diperlukan oleh publikasi acara lebih meluas.

Komunikasi dengan para pemangku kepentingan
Yang namanya acara  besar, tentunya berdampak kepada banyak pihak. Tanpa perlu menutup mata, acara seperti ini juga berdampak negative kepada sebagian orang. Setidaknya warga akan terganggu dengan masalah penutupan jalan. Hal-hal ini seperti inilah yang perlu dikomunikasikan kepada pemanku kepentingan, diantara warga terkait. Dengan komunikasi yang baik, anggapan negative sebagian warga bisa diubah menjadi positif sehingga dukungan terhadap kelancaran acara menjadi kuat.

Pengaturan Arus Lalu Lintas
Diperlukan rekayasa arus lalu lintas yang baik untuk menyelenggarakan acara ini, mengingat yang dipakai dalam kirab adalah jalan protocol yang volumenya bisa mencapai ribuan kendaraan per jam. Sebaiknya beberapa hari sebelum hari H sudah ada pengumuman terinci mengenai jalan-jalan yang akan ditutup, sekaligus pengumuman jalan alternative yang disediakan. Pengumuman ini idealnya dipasang ditepi jalan. Pada hari H, akan lebih baik jika banyak petugas berjalan pada jalur-jalur alternative, sehingga jalur pengganti tersebut tidak sampai mengalami kemacetan.

Pembuatan Brosur Acara
Pada acara semacam ini pembuatan brosur acara merupakan hal yang penting sekaligus menarik. Brosur acara yang dimaksud disini adalah brosur yang memuat jadwal rangkaian acara berikut tempat-tempatnya. Brosur yang dapat memuat informasi penutupan jalan dan pemberian jalan alternative. Pembagian brosur dilakukan beberapa hari sebelum hari H.

Penataan PKL
Karena kegiatan ini menyerap banyak penonton, dengan sendirinya merupakan lading bisnis yang bagus. Khususnya pedagang kaki lima. Ada baiknya pedagang ditata agar PKL di beberapa lokasi Strategis.

Penyediaan Angkutan Gratis.
Mengingat lokasi salah satu acara yaitu stadion kanjuruhan yang berada agak jauh dari pusat kota, ada baiknya disediakan angkutan gratis dari pusat kota Kepanjen atau titik-titik tertentu menuju stadion Kanjuruhan. Dengan model seperti ini, kendaraan pengunjung akan berkurang, sehingga resiko terjadinya kemacetan bisa lebih ditekan. Penyediaan angkutan dapat melibatkan para operator angkutan pedesaan/mikrolet.

Tempat Manonton berbayar
Cukup menarik juga apabila bagi penonton kirap disediakan tempat berbayar. Dengan member fasilitas berupa tempat dududk dan tenda akan banyak penonton yang tertarik menggunakannya.

Tentunya masih banyak masukan yang lain untuk menjadikan Acara Bumebyar Bhumi Kanjuruhan sebagai acara menarik dan berpotensi meningkatkan kunjungan wisata Kabupaten Malang. Tetapi setidaknya masukan diatas dapat menjadi masukan awal bagi panitia untuk memaximalkan potensi Gumebyar bumi Kanjuruhan.






Dimuat ulang dari
Kepanjen Media majalah gratis, edisi 80, Desember 2013