24/10/09

Komunitas Seni Budaya

Komunitas Pekerja Seni dan Tukang
Berdiri pada tanggal 4 Agustus 2008


Tujuan Pokok (Visi) :
Suatu wadah kegiatan untuk sosialisasi Kemasyarakatan yang produktif, mengarah kepada legalitas menuju perubahan Kepanjen menjadi ibu kota Kabupaten Malang, yang semua berdasarkan hukum Pancasila dan UUD 45, berpijak berkebangsaan secara Bhineka Tunggal Ika. Yang dikembangkan melalui masyarakat Pekerja Seni dan Tukang Kepanjen khususnya, Lebih luas lagi nasional dan internasional

Tujuan Umum (misi) :
Wadah masyarakat yang didalamnya berfungsi untuk “mencari, melestarikan, mengembangkan” aspirasi masyarakat di segala bidang antara lain :
1. Pelatihan ketrampilan,
2. Bursa Kerja dan bina usaha baru,
3. Seni dan budaya yang berlandakan etika dan moral bangsa Indonesia,
4. Sosial kemasyakatan,
5. Mengembangan rekanan dan kegiatan usaha bisnis,
6. Kesehatan masyarakat dan keselamatan lingkungan,
7. Keagamaan,
8. Penelitian dan penggalian potensi dari masyarakat,
9. dan masih bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan atau keperluan anggota.

Sebagai acuan untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan jaman sebagai kepanjen sebagai ibu kota Kabupaten Malang, agar :
1. menimbulkan gairah untuk memulai, mengembangkan usaha (embrio/ mengembangkan),
2. mengantisipasi penggangguran pada usia kerja (produktif),
3. sadar keindahan, kebersihan,keamanan dan pelestarian lingkungan,
4. Membentuk putra daerah yang mempunyai karakter dan Jatidiri yang kuat untuk 

membentengi masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan jiwa dan budi luhur masyarakat daerah (dengan tujuan ini maka perlunya diketahuinya Sejarah asli Kepanjen, Budaya, Seni yang diharap lebih baik dan terpenting tidak menyimpang dari ajaran agama).

Bentuk Stuktur Organisasi :
1. Pembina /Donatur :
Pembina atau Donatur ini berfungsi untuk memberikan dorongan kepada penggurus Harian, manajer baik secara program, dana dan dan rekanan kerja, selama fungsinya untuk kebaikan masyarakat dan lingkungan dan tidak menyimpang pada ADRT.

2. Pengurus Harian,
Pengurus harian terdiri dari, Ketua, sekertaris dan bendahara, yang didukung oleh seksi humas, umum, penggalian sumber dana.

3. Pengurus Kelompok / Manajer-Manajer
Pengurus Kelompok dipimpin oleh seorang Manajer usaha dan dibantu/tidak dalam kepengurusan. Dan Menejer Usaha adalah seorang yang mempunyai pengetahuan, pengalaman di bidangnya dan mampu dan mau mengelolah organisasi bidang usaha.
Bentuk Usaha/Kegiatan ini bisa dalam jangka waktu pendek atau waktu panjang dalam pengembangan

Program Jangka Pendek :
  1. Harmonisasi Antara Java Cultura dengan Masyarakat, dengan menggali potensi daerah, dengan cara menjemput bola.
  2. Program-Program Penguatan SDM dan Produktifitas Anggota, menuju Kemandirian Pribadi dan Bagian usaha
  3. Merealisasikan Bentuk usaha bersama yang sudah terkonsep dan mengembangkan pasar.
Program Jangka Menengah :

1. Mencari Partner sip yang se Visi baik dengan LSM, Masyarakat dan Pemerintah, dengan maksud mempercepat dukungan penggembangan kepada Kota Kepanjen melalui :
• Potensi Daerah
• Mengajak dan Mengarahkan masyarakat lebih bisa berfikir secara kwalitas mandiri dan Produktif, sebagai antisipasi kekuatan Hebat pengaruh Globalisasi, Terutama pada Budaya, Lingkungan dan Agama

2. Membantu Kerjasama dengan Pemerintah dalam segalah hal yang bersifat untuk kepentingan masyarakat banyak dan Negara. Baik dalam bidang SDM, Kemiskinan, Penggangguran dan Lingkungan hidup.

Program Jangka Panjang
1. Sebagai wadah Kreatifitas Masyrakat yang membentuk suatu karakter/Jati Diri Kepanjen, Malang dan Bangsa Indonesia yang sangat melekat pada Budaya dan Moral yang baik, berdasarkan UUD 45 dan Pancasila
2. Menimbulkan macam-macam hasil usaha dan kreatifitas yang lebih produktif yang bisa kita diarahkan sebagai produk Export yang diminati Manca Negara. Sebagai Sulusi Pendapatan Sumber Devisa Daerah yang tidak beresiko pada lingkungan hidup dan Agama.


Upaya yang dilakukan

Kado Historis Malangku pada acara Hut Kab. Malang yang ke 1248, oleh Masyarakat dengan di hadiri Bapak Bupati Malang

• Catatan kami acara ini perlu ditingkatkan karena kita belum pengalaman dan dana berasal dari Anggota semampunya dan Masyrakat seadanya. (Tapi kami merasa sukses dalam hal mengajak masyarakat kepanjen berfikir pada hari turunnya PP 18 2008, yang masih belum diketahui masyarakat)





-----Basa Malangan ------
Wadah "Kera Nenjap, nganal karo kodew" nom, wis rukun ndek paguyuban iki, tinggal nunggu "ebes pemerintah" nindak lanjuti... jare wis jamane ngisi kemerdekaan bes...