31/10/09

Industri Peternakan


A. Peternakan Sapi Perah
Kabupaten Malang kaya industri peternakan sapi perah yang memepunyai potensi sebagai penghasil susu segar yang cukup potensial dikembangkan melalui produksi susu olahan baik pasteurisasi maupun susu botol olahan lainnya. Pemasaran dari susu dipasarkan melalui KUD atau Koperasi-koperasi non KUD misalnya kebutuhan akan susu. PT. Netsle 197.011 liter perhari, pasar umum 4.857 liter per hari, pasteurisasi1.984 liter per hari, PT. Indo Murni 16.700 liter perhari dengan jumlah tersebut maka Kabupaten Malang mempunyai peluang untuk membudidayakan sapi perah. Anak jantan dari sapi perah dapat dimanfaatkan sebagai sapi potong.

Jenis Bahan Baku Bidang Usaha Produk
Susu Sapi Industri Makanan dan Minuman Susu Pasteurisasi, Keju, Susu UHT
Limbah Padat dan Cair Industri Pupuk Organik Pupuk padat dan pupuk cair
Sapi Perah Peternakan Sapi Perah Susu Segar
Anak Sapi Jantan Penggemukan Daging Sapi

B. Sapi Potong dan Kerbau
Sapin potong hampir ada diseluruh Kecamatan yang ad diwilayah Kabupaten Malang. Sebagian besar penduduk desa menginvestasikan sebagian kekayaannya dalam bentuk hewan ternak sapi. Jumlah total sapi potong di Kabupaten Malang mencapai 110.000 ekor dengan pangsa pasar memenuhi kebutuhan daging yang ada di Pulau Jawa. Sedangkan untuk kerbau jumlahnya hampir mencapai 1.500 ekor. Kerbau ini banyak digunakan sebagai pembajak sawah secara tradisional.

C. Kambing dan Domba

Kambing hampir ada diseluru Kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Malang. Sebagian besar penduduk desa menginvestasikan sebagian kekayaannya dalam bentuk hewan ternak kambing. Jumlah total Kambing di Kabupaten Malang mencapai 96.000 ekor dengan pangsa pasar memenuhi kebutuhan dagingg yang ada di Pulau Jawa. Terutama memenuhi kebutuhan hewan kurban. Sedangkan untuk domba jumlahnya mencapai 44.000 ekor.

D. Ayam Ras Petelor

Ayam petelor banyak terdapat di Kecamatan Kasembon, Singosari, Lawang, Tumpang, Pakis, Jabung, Kepanjen, Pakisaji, Kromengan, Turen, Sumber Manjing dan Batur. Jumlah ayam petelor mencapai 661.000 ekor dengan kapasitas produksi mencapai 4.300.000 kg per tahun.

Peluang Investasi Peternakan
Ayam Ras Petelor

No Jenis Bahan Baku Bidang Usaha Produk
1 DOC Ayam Ras Petelor Budidaya Ayam Ras Petelur Telur
2 Telur Industri Pengolahan Telur Tepung Telur
3 Tulang Industri Tepung Tepung Tulang
4 Bulu Home Industri Perlengkapan Rumah tangga, Tepung Bulu

E. Ayam Ras Pedaging

Ayam Ras Pedaging banyak terdapat diseluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Jumlah Ayam Ras Pedaging mencapai 2.450.000 ekor.

Peluang Investasi Peternakan
Ayam Ras Pedaging

No Jenis Bahan Baku Bidang Usaha Produk
1 DOC Ayam Ras Pedaging Budidaya Ayam Ras Pedaging Ayam Ras Pedaging
2 Daging Ayam Ras Industri Pengolahan Pangan Tepung Nugget
3 Tulang Industri Tepung Tepung Tulang
4 Bulu Home Industri Perlengkapan Rumah Tangga

F. Babi
Terdapat di Kecamatan Dau, Tumpang, Ponco Kusumo, Pagelaran, Kepanjen, Pakisaji, Sumber Pucung, Ngajum, Kromengan, Wagir, Dampit, Sumber Manjing, Tirtoyudo, Pagak. Jumlah Babi mencapai 8.250 ekor.