14/11/09

Budaya bisnis di warung kopi Kepanjen

oleh : Agung Cahyo Wibowo

Keunikan di Ibu Kota Kabupaten Malang (Kepanjen dan sekitar) kecil ini adalah banyakya warung kopi ( hampir tiap gang/jalan ada warung kopinya ) bahkan satu gang / jalan ada yang lebih dari 2 warung kopi. Komunitas anak muda dan tua, kususnya laki-laki, akan banyak dijumpai di warung-warung kopi. Coba saja jika anda datang ke kota ini, kira-kira habis maghrib,....hampir semua warung kopi punya langganan atau dengan kata lain mempunyai komnitas sendiri warung kopi yang terkenal.

- Mak Ni yang berlokasi di Jn Penanggungan - Cak Padli yang berlokasi di Jl. Sawunggaling ( depan Masjid Jamik ) - Wak Ngadi lokasinya juga di Jl. Sawunggaling dean Masjid Jamik - Kojek Jl. Adimulyo ( orang menyebutnya kamung LOR ) depan makam pahlawan masuk ke timur - Gendut sebelah kanan gedung BCA Kepanjen, lek Jun welirang, pak tari di jl. mentaraman, warung hadi di jl. Panji. Cak Men di Talangagung, mas Didik di Effendi, Cak Irul Mentaraman dan masih ada puluhan yang belum bisa kami sebut.

Saya perkirakan saat ini mungkin di seluruh Kepanjen ada sekitar 200 an warung kopi yang tersebar di wilayah tersebut. Tahukah anda bahwa kalau merokok anak-anak muda di Kota ini cenderung rokoknya diolesi (diteleti) dengan KOPI KENTAL atau banyak disebut CETHE kalau tak percaya coba saja anda datang ke sana !, katanyanya rokoknya biar Enak rasanya dan mantap tarikannya.

Keunikan lainnya adalah pasar makanan yang dibuka setiap hari mulai dari jam 16.30 - 12.00 atau subuh, disana ada berderet penjual bakso, pangsit, nasi goreng, makannan gorengan, dan tahu campur, dsb ( jualannya antara pedagang yang satu dan pedagang lainnya sama )d an yang heran setiap hari mereka jualan pasti laku semua karena sudah punya langganan.

Dan sekarang warung kopi yang masih tradiosional dan ada warung kopi yang sudah maju dengan menambah fasilitas Internet-Hostspot. Gilanya juga ngak pernah sepi. Memang akhirnya budaya pagi, sore dan malam enak kalau kita gunakan untuk acara relek dan santai...

Kalau ingin tahu rasanya setiap warung kopi punya racikan sendiri, Rasa kopi murni, bisa ditambah susu.

-----basa Malangan-----
He ker lek pusing dik "hamur" ayo nongkrong di warung "ipok"