09/01/14

Sungai Kota

Ikon baru di Kepanjen Malang


Tata bangunan di kepanjen diharapkan bisa sesuai dengan kebutuhan tata ruang kota 30% dari luas area, guna untuk peresapan air hujan, Kota Kepanjen mempunyai karakter geografis kota yang mempunyai banyak sungai dan mempunyai jenis sungai sebagai berikut 
1. Sungai Alam (sungai Brantas, Sungai Metero)
2. Sungai Pengairan/Irigrasi (sungai Molek, Sungai Sukun, 
    Sungai sepanjang jalan kebonagung sampai kepanjen, 
    Kepanjen sampai dengan sengguruh, 
    sepanjang jl panji sampai lapangan kanjuruhan, masih ada yang kecil-kecil 
    yang melalui kampung)
    (Sungai ini tinggalan dari jaman Belanda, Orde lama dan Orde baru)
3. Sungai Buangan + irigrasi (Sungai ardirejo, Kali Seco)

Dengan banyaknya sungai yang berada di area Kecamatan kepanjen ini akan mempunyai keistimewaan tersendiri atau bisa menjadi ikon Kota.

Tapi apa bila kurang diperhatikan maka akan bisa terjadi seperti di Sungai Ardirejo di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, pada hari Rabu (25/12/2013) siang ini. merupakan contoh dengan keadaan sebagai berikut :

"Sungai yang akrab disebut warga setempat dengan nama Sungai Pak Seco, terus meluberkan airnya hingga ke Jalan Raya Propinsi jurusan Kepanjen-Blitar, 
luberan air makin semakin deras mengarah ke Pasar Kepanjen. Luberan air juga menumpahkan ribuan sampah. Sehingga, pemandangan di jalan sekitar pasar kepanjen dekat Pos Lalu-Lintas Polres Malang, seperti lautan sampah.
luberan air ke tengah jalan raya Ahmad Yani, Kepanjen terus membesar. Petugas Lalu-Lintas Polres Malang dikerahkan untuk mengatur arus kendaraan dari dua arah berlawanan. Banjir besar disebabkan meluapnya sungai ardirejo, dan peristiwa seperti pernah terjadi pada tahun 2004".

Dari peristiwa diatas apakah kita sebagai orang yang tinggal dikepanjen dan Dinas terkait bagaimana sungai ini bisa menjadi sahabat baik dalam lingkunagan kita.
ingat peribahasa :
"Kecil jadi sahabat, besar jadi musuh (air hujan jadi banjir bandang)"

Semohga setelah membaca infomasi ini pembaca bisa mempunyai gagasan-gagasan yang cemerlang untuk daerah Kepanjen Malang yang kita cintai ini.... (agung cw)