29/11/09

Sejarah Malang


Sejarah Ibu Kota Kadipaten Malang 

 
Pendahuluan


Wilayah Malang (Malang Raya) sudah ada sejajak Peradapan Kuno, sebelum Masehi yaitu telah diketemukan bukti dari arkeologi berupa fosil di : Trinil (Homo Soloensis) dan Wajak - Mojokerto (Homo Wajakensis).

Dalam Sejarah Indonesia sejak abad ke 7 Masehi. Peninggalan yang lebih tua seperti di . Peninggalan purbakala disekitar wilayah Kota Malang seperti Prasasti Dinoyo (760 Masehi), Candi Badut, Besuki, Singosari, Jago, Kidal dan benda keagamaan berasal dari tahun 1414 di Desa Selabraja menunjukkan Malang merupakan pusat peradaban selama 7 abad secara berkelanjutan.

Malang merupakan wilayah kekuasaan 5 dinasti yaitu Dewasimha / Gajayana (Kerajaan Kanjuruhan), Balitung / Daksa / Tulodong Wawa (Kerajaan Mataram Hindu), Sindok / Dharmawangsa / Airlangga / Kertajaya (Kerajaan Kediri), Ken Arok hingga Kertanegara (Kerajaan Singosari), Raden Wijaya hingga Bhre Tumapel 1447 - 1451 (Kerajaan Majapahit).

Dengan perkemambangan sekarang Kabupaten Malang telah menjadi :


1. Kabupaten Malang........ (awal area Malang Raya)

2. Kota Malang  ................(Masa Penjajahan Belanda)
3. Kota Batu   ....................(Masa Revormasi 2001)

Budaya awal orang datang ke daerah Malang, karena tertarik : Alam, Hasil Bumi, Tempat untuk Pendidikan Kasatria Panji, Toleransi beragama.

Bahkan stategis ukuran keberhasilan program Nasional adalah Malang barometernya.

____________________________________________________________________