14/08/14

Wisata di Batu Malang


Pemandian air di Cangar

batuCangar merupakan salah satu nama Dusun di Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Dusun ini menjadi lebih terkenal dengan sebutan Pemandian Air Panas Cangar.

Cangar terletak di dalam kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo dan banyak dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati hangatnya sumber alami air panasnya. Selain itu, di sekitar pemandian air panas terdapat beberapa goa buatan yang merupakan peninggalan di masa kedudukan Jepang, pada tahun 1942-1945.

Tidak hanya bisa menikmati hangatnya air panas di pemandian Cangar dan goa Jepang, di kawasan ini pula para pengunjung bisa mengunjungi Coban Talun dan Coban Rais. Di tambah lagi, akan banyak di jumpai satwa liar yang seperti monyet melompat dan berlarian tanpa akan mengganggu kenyamanan.

Wisata yang asri dan masih hijau ini cocok untuk dikunjungi dengan keluarga dan orang tercinta.
 

Pemandian Air Panas di Songgoriti

imagePemandian Air Panas Songgoriti merupakan pemandian yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke kota Batu. Disana anda bisa mendapatkan pemandangan indah dan alami serta dengan udaranya khas yaitu sejuk. Selain itu semua, disana terdapat pula pemandian air panas dimana air itu memang benar panas secara alami yang muncul dari bawah Candi Songgoriti. Banyak kabar yang beredar, jika mandi di pemandian air panas songgoriti tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit serta ada juga yang mengatakan bahwa air tersebut bisa memulihkan stamina.
Pemandian Air Panas Songgoriti
Untuk letak pemandian air panas tersebut tidaklah jauh, hanya sekitar 2 km dari pusat pemkot kota Batu. Jadi, obyek wisata tersebut tidak sulit dan sangat mudah untuk dijangkau. Obyek wisata pemandian air panas ini juga mempunyai sejarah yang menaril loh. Konon, pemandian air panas ini dijadikan raja Sindoh untuk mensucikan keris pusaka-nya. Obyek wisata ini juga mempunyai berbagai fasilitas yang sangat mendukung. Disana terdapat kolam renang, lapangan tennis, area jogging, area
outbond, restoran, dan hotel- hotel dengan berbagai kelas.

Bagi para pengunjung yang mempunyai berbagai penyakit kulit dan ingin sembuh, datang saja ke Pemandian Air Panas Songgoriti kemudian disana anda bisa berendam. Untuk rahasia dari kasiatnya ialah, airnya yang mengandung belerang. Pemandian Air Panas Songgoriti sagat terkenal sekali, dimana banyak sekali wisatawan domestik yang berkunjung ke wisata ini, hebatnya lagi banyak juga wistawan mancanegara yang juga datang ke Pemandian Air Panas Songgoriti Batu Malang.

 Kebun Binatang   ( Secret Zoo )

Tempat wisata Batu Secret Zoo adalah kebun binatang dengan nuansa. Batu Secret Zoo, sangat berbeda dengan Jatim Park 1, karena di tempat ini kita bisa melihat aneka satwa langka dari penjuru dunia, dengan berjalan santai dan dari jarak yang dekat. Pertama kali memasuki area Batu Secret Zoo, akan dipertontonkan dengan hewan-hewan Tikus Raksasa. Performa hewan tampak jelas. Namun sayang, di Batu Secret Zoo ini kami tidak diperbolehkan memberi makanan hewan2 tersebut.

Area lokasi hewan di Batu Secret Zoo ini dibatasi dengan teralis atau kaca, sehingga pengunjung merasa aman saat berdekatan dengan hewan. Area Aquarium di Batu Secret Zoo berada di lorong seperti berada di bawah tanah dengan lampu penerangan yang bagus dan istimewa. Memasuki Area aquarium, anda akan disambut dengan aneka jenis Ular dan berbagai macam jenis binatang air seperti ikan Pari, hiu dan ikan-ikan kecil nan cantik lainnya, mengingatkan anak-anak pada permainan Game Feeding Frenzy.


Wisata Batu Secret zoo ini memang sangat cocok untuk wisata edukasi. Karena selain bisa melihat secara langsung hewan-hewan langka, kita juga diberikan permainan berupa kuis-kuis interaktif berbasis IT seputar hewan-hewan langka, dengan fasilitas layar sentuh (touch screen) yang ada di setiap area. 



 Museum Angkut (Transportasi)


Museum Angkut sendiri lokasinya berada masih satu kompleks dengan Jatim Park II, yang tepatnya berada di Jalan Terusan Sultan Agung, nomor 2 Kota Batu. Sesuai namanya, museum ini nantinya akan berisi berbagai hal yang terkait dengan angkutan di darat, laut, dan udara.

Rencananya akan ada 10 zona berisi informasi dan pameran berbagai benda terkait alat transportasi yang ada di dunia mulai dari zaman dulu hingga yang modern.

Tak hanya berisi berbagai hal mengenai transportasi, Museum Angkut pun akan menyediakan informasi mengenai Movie Star Studio. Isinya tentang macam-macam informasi mengenai film, baik di Indonesia maupun Hollywood.


“Nanti ada sepuluh zona di sini. Ini akan menjadi destinasi wisata baru di Kota Wisata Batu pada 2014,” kata Titik S. Ariyanto, operational manager Museum seperti dilansir oleh JPNN.com.

Zona tersebut antara lain zona edukasi, zona Jerman, zona Batavia, zona Inggris, zona Gangster and Broadway, zona Las Vegas, zona Italia, zona Hollywood, zona Prancis, dan Pasar Apung Nusantara yang berdiri di atas tanah seluas 3,7 hektare.

Anda dapat mengunjungi Museum Angkut mulai bulan Februari nanti, sebab rencana pembukaan museum tersebut baru dilaksanakan bulan itu. Nah, mari beri putra-putri kita liburan yang mendidik mulai saat ini, dengan berkunjung ke museum yang ada di Indonesia.



Olah Raga Paralayang
 
Tak berlebihan jika dulu kompeni memberi julukan kota Batu sebagai De Kleine Switzerland  yang berarti Swiss Kecil di Pulau Jawa, hanya saja di Batu tidak ada salju. Hal ini dikarenakan kondisi geografis kota Batu yang mirip dengan Swiss. Sebuah kota yang dikelilingi oleh pegunungan (lembah).


Anda dapat menikmati keindahan kota Batu ini salah satunya dari Gunung Banyak. Baik siang atau malam, tempat ini menyajikan nuansa keindahan yang berbeda. Kota Batu yang tidak terlalu luas (hanya terdiri dari 3 kecamatan saja), dapat anda nikmati dari Barat kota Batu yang berbatasan dengan daerah Pujon yang merupakan salah satu Kecamatan dari Kabupaten Malang.



Anda pun, tak perlu repot repot membawa makanan atau minuman, karena di sini ada beberapa kedai yang menyajikan makanan atau minuman ringan. Di sini, anda dilarang merokok di area paralayang. Anda pun harus membuang sampah pada tempatnya.


Apabila anda berada di Gunung Banyak pada sekitar pukul 06.30 - 16.00 anda dapat menyaksikan olah raga paralayang/paradigling. Gunung Banyak ini sendiri merupakan area start bagi penghobi olahraga paralayang/paradigling. Apabila anda penasaran ingin mencoba olah raga ini tapi tidak memiliki pengalaman sama sekali, anda bisa tandem dengan para pengojek paralayang. 

Paralayang atau paragliding adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain (parasut) yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kompetisi. Induk organisasinya adalah PLGI (Persatuan Layang Gantung Indonsia), sedangkan PLGI sendiri dibawah naungan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia).