14/08/14

Wisata di Kota Malang

Kota Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang masih alami dan sejuk, selalu dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Malang mempunyai julukan sebagai kota bunga karena dengan keasrian alam sekitar. Selain itu Malang juga dijuluki sebagai kota pariwisata, pendidikan dan industri. Malang Holiday sebagai pusat informasi atau layanan wisata di Malang, turut mendukung program pemerintah setempat untuk melestarikan dan membantu perkembangan wisata untuk keluarga atau kalangan bisnis. Percayakan perjalanan wisata dan bisnis Anda ke Malang Holiday.

Taman rekreasi dan Pemandian Wendit

Taman rekreasi dan Pemandian Wendit terlatak di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Lokasinya terletak di tepi kanan jalan utama kea rah Gunung Bromo melalui Tumpang. Disini menyediakan kolam renang alami serta buatan yang sangat luas baik untuk dewasa maupun anak-anak. Tersedia pula Perahu Duyung, Water Boom, Bom-bom Car, Water Technology berupa Kolam Gelombang dan Kolam Arus, Worm Coaster, Sepeda Air dan Carousel. Untuk fasilitas lainnya seperti Restoran, Restoran Apung, Outbond Spa, Pentas Musik, Food Centre, Spa serta berjejernya toko yang menjual cedera mata khas Wendit.

Wisata ini mempunyai acara yang khas di setiap Bulan Syawal dimana taman wisata ini dipenuhi pengunjung yang ingin merayakan hari Lebaran sampai dengan hari Ketupat Lebaran. Biasanya dengan mengadakan macam-macam hiburan serta mendatangkan artis-artis terkenal sekitar tanggal 1 sampai 11 Syawal. Konon kepercayaan masyarakat sekitar jika anda mandi di kola mini bisa berkhasiat membuat wajah anda tampak awet muda.
Daya tarik lainnya yang khas disini adalah adanya puluhan kera yang jinak dan bebas berkeliaran di hutan kecil daerah Wendit dan menghuni pepohonannya. Bebrapa arca kuno juga dapat dilihat di taman ini dan dapat diperoleh cindera mata kerajinan penduduk setempat. Di dalam tamna rekreasi ini juga terdapat monument pesawat Mig-19 yang dulunya berpangkal di Abdul Rachman Saleh dan mata air Wendit merupakan salah satu sumber bagi PDAM Kota Malang. Beberapa sejarah menyatakan bahwa nama Wendit sendiri berasal dari kata Wendito yang berarti Pendito atau Pendeta. Asal-usul Wendit sendiri terjadi dikarenakan adanya pergeseran Gunung Widodaren yang termasuk salah satu gunung dalam gugusan Pegunungan Bromo.


Pemandian Wendit sendiri aslinya tidak diubah supaya akar sejarah dan budayanya yang melekat di pemandian tetap terjaga pelestarian alam dan satwanya yang menjadi tempat peristirahatan Raja Majapahit Hayam Wuruk. Wendit sendiri memiliki peran sebagai penghubung wisata yang berkesinambungan bagi wisatawan yang akan menuju Gunung Bromo dan Wisata Agro Poncokusumo. Di dalam wisata ini bnayak disediakan berbagai macam makanan, harganya oun sangat terjangkau. Kamar mandi juga disediakan di berbagai titik. 

  
Taman Rekreasi dan Pemandian Sengkaling

Taman Rekreasi SengkalingTaman Rekreasi Sengkaling merupakan salah satu tempat wisata yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Saat pertama kali dibangun, taman rekreasi ini hanya diperuntukkan karyawan PT. Bentoel karena memang taman ini adalah milik salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia itu. Tapi seraya perkembangannya, Taman Rekreasi Sengkaling lantas dibuka untuk umum.

Taman rekreasi ini tidak pernah sepi dari pengunjung, khususnya saat akhir pekan atau hari libur. Taman seluas 9 hektar ini memiliki banyak fasilitas seperti rekreasi air yang terdiri atas kolam renang primitif, bahtera sengkaling, kolam pesona tirta alam, kolam pesona tirta sari, kolam cumi-cumi, wahana bumper boat, dan sepeda air. Terdapat juga wahana permainan untuk anak-anak seperti boom-boom car, merry go around, kiddy train, bumper boat, kiddy ride, luncuran, dan kincir angin.

Selain itu, Taman Rekreasi Sengkaling juga memiliki fasilitas berupa aula Bougenville Room yang dapat Ngalamers sewa untuk mengadakan pesta pernikahan, ulang tahun, atau acara-acara lainnya. Taman Rekreasi Sengkaling ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 (Senin-Jumat) dan 06.00-20.00 (Sabtu, Minggu, Hari Besar). merupakan salah satu tempat wisata yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Saat pertama kali dibangun, taman rekreasi ini hanya diperuntukkan karyawan PT. Bentoel karena memang taman ini adalah milik salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia itu. Tapi seraya perkembangannya, Taman Rekreasi Sengkaling lantas dibuka untuk umum.

Taman rekreasi ini tidak pernah sepi dari pengunjung, khususnya saat akhir pekan atau hari libur. Taman seluas 9 hektar ini memiliki banyak fasilitas seperti rekreasi air yang terdiri atas kolam renang primitif, bahtera sengkaling, kolam pesona tirta alam, kolam pesona tirta sari, kolam cumi-cumi, wahana bumper boat, dan sepeda air. Terdapat juga wahana permainan untuk anak-anak seperti boom-boom car, merry go around, kiddy train, bumper boat, kiddy ride, luncuran, dan kincir angin.

Selain itu, Taman Rekreasi Sengkaling juga memiliki fasilitas berupa aula Bougenville Room yang dapat Ngalamers sewa untuk mengadakan pesta pernikahan, ulang tahun, atau acara-acara lainnya. Taman Rekreasi Sengkaling ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 (Senin-Jumat) dan 06.00-20.00 (Sabtu, Minggu, Hari Besar).


       Taman Rekreasi dan Pemandian Tlogomas
 
Kolam Renang Tlogomas merupakan tempat rekreasi yang di lengkapi kolam renang dan arena. Taman rekreasi tersebut didirikan pada tahun 1989 . Memasuki pintu masuk, wisatawan akan menemukan replika naga yang menerobos beberapa permukaan lantai lokasi wisata ini hingga terlihat pecah, membuat taman ini terlihat futuristik dan mempunyai nilai seni tinggi.

Lokasinya yang nyaman, untuk menempuh Taman Rekreasi Tlogomas tidak memerlukan biaya perjalanan yang banyak apalagi letaknya strategis,disamping itu suasana yang sejuk dan banyak pepohonan menambah suasana nyaman di kolam renang ini.


Suasana asri sudah sangat terasa saat mulai memasuki gerbang taman rekreasi ini. Pohon-pohon beringin menutupi hampir seluruh area parkir sehingga meskipun matahari sedang bersinar sangat terik suasana teduh dan sejuk mendominasi tempat tersebut. Untuk masuk ke TR Tlogomas, pengunjung cukup membayar Rp 12.000 per orang. Jam operasionalnya mulai pukul 06.00 – pukul 17.00. Jika bisa datang pada saat hari kerja, maka anda termasuk orang yang beruntung. Sebab anda bisa menggunakan kolam renang layaknya kolam renang pribadi. Tapi jika datang pada saat weekend (hari libur), dijamin anda hanya akan bisa berendam tanpa mampu bergerak kemana-mana karena ramainya.Salah satu kelebihan dari tempat ini adalah dari kolam renangnya yang selalu jernih, dikarenakan air yang dipakai adalah air dari sumber terdekat. Di dekat lokasi, terdapat depot soto ayam Lombok dan soto Ayam Lamongan tempat rekreasi Tlogomas tersebut didirikan pada tahun 1989. Diwilayah kota Malang, Taman rekreasi Tlogomaslah yang paling tua. 

Sebagai tempat rekreasi sekaligus sarana belajar Taman Rekreasi Tlogomas juga memiliki miniatur-miniatur lokasinya berada tempat setelah pintu masuk sehingga mau tidak mau kita akan dipaksa untuk menikmati miniatur itu sebelum sampai ke koma renang Miniatur itu sebelum sampai ke kolam renang. Miniatur yang ada di area tersebut antara lain, tujuh keajaiban dunia, replika candi-candi, patung tokoh dongeng dari putri salju hingga Batman and Robin, hingga binatang-binatang prasejarah. Tidak hanya itu, alien dan benda=benda luar angkasa menjadi bagian dari area tersebut. Patung dewa Kwan In. Garuda Wisnu kencana, Candi Borobudur, Menara Elfel, patung liberty, hingga tokoh pewayangan salah satunya adalah Srikandi. Hal itu menambah ketertarikan pengunjung untuk selalu datang setiap saat liburan.

"Saya pernah mencoba ke kolam renang di lokasi wisata lain, tapi panas apalagi kadang banyak bau kaporit dikolam tersebut. Ada pula yang sejuk karena di dalam ruangan itu membuat saya kurang nyaman. Namun di Tlogomas berbeda, sebab meski berada di luar sentuhan alam dengan dominasi pepohonan di tempat ini, dan disertai suara aliran sungai brantas yang alami membuat rileks sejumlah pengunjung," ucap Inces, salah satu pengunjung.

Inces mengaku, kurangnya promosi dan inovasi pengelola wisata membuat tempat wisata ini banyaknya ditinggalkan pengunjungnya, bahkan sebagian wahananya terkesan kurang dirawat, sehingga jarang pengunjung luar kota menengok lokasi wisata ini.