25/06/15

Harga USB Stick

Mampu Ubah TV Anda Jadi Sebuah Komputer
Windows 8.1 [CES 2015]



Faktor kemacetan yang semakin parah di kota-kota besar serta jadwal kerja yang semakin sibuk bagi hampir semua orang telah memaksa trend teknologi untuk menghadirkan segala sesuatu bisa dalam bentuk yang portabel. Jika tablet atau laptop masih Anda rasa terlalu berat untuk menemani mobilitas Anda sehari-hari, belum lagi faktor meningkatnya angka kriminalitas yang membuat Anda khawatir untuk menyertakan iPad Anda di dalam tas atau meninggalkannya di tempat kerja tanpa pengawasan orang lain, kini ada sebuah solusi alternatif yang memungkinkan Anda untuk membawa satu unit komputer ke dalam saku kecil di celana jeans Anda. 

Intel hari ini mengumumkan sebuah USB stick yang mampu mengubah televisi Anda (baik smart TV ataupun televisi biasa, selama memiliki port USB) menjadi sebuah komputer Windows 8.1: Compute Stick. Perangkat mungil ini bisa dibilang pesaing berat untuk Google Chromecast; tapi jika dongle dari Google tersebut hanya mampu menjalankan fungsi sebagai media streaming, Compute Stick buatan Intel ini mampu menghadirkan kemampuan komputer secara utuh di televisi Anda.

Compute Stick siap dijual seharga $149 atau sekitar Rp 1,9 juta, dan spesifikasnya meliputi sebuah prosesor quad-core Atom (tak jelas berapa tingkat kecepatannya), 2GB RAM, memori internal 32GB, slot microSD, konektivitas WiFi, Bluetooth & USB 4.0, mini USB untuk suplai tenaga, serta Windows 8.1 pre-installed. Jika opsi ini terlalu mahal, Intel juga menyiapkan varian Compute Stick yang  menggunakan Linux dan dijual seharga $89 atau sekitar Rp 1,1 juta, namun spesifikasinya mendapatkan penyesuaian dari sisi RAM yang turun menjadi 1GB dan memori internal yang cuma sebesar 8GB saja.

Intel mengatakan bahwa Compute Stick siap rilis dalam waktu dekat, sayangnya tanpa keterangan lebih lanjut tentang daerah mana saja yang termasuk dalam wilayah peredarannya, juga jadwal rilis untuk tiap-tiap kawasan.