23/02/24

Pembangunan GOR Kanjuruhan sesuai FIFA




Pasca tragedi Stadion Kanjuruhan yang menelan korban 133 nyawa pada tanggal 1 Oktober 2022, seluruh kompetisi olahraga di wilayah tersebut masih dihentikan sebagai tanda berkabung dan penghormatan terhadap para korban yang telah kehilangan nyawa mereka.

Pasca tragedi GOR tersebut mengalami kehancuran yang melumpuhkan. Menyikapi hal ini, atas saran Presiden Jokowi, diputuskan untuk melakukan renovasi total agar stadion tersebut memenuhi standar internasional yang ditetapkan oleh FIFA. Renovasi Stadion Kanjuruhan menjadi prioritas utama Kementerian PUPR pada tahun 2024, demikian diungkapkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam konferensi pers RAPBN 2024 di kantor Direktorat Jenderal Pajak pada Rabu, 16 Agustus 2023.


Meskipun anggaran infrastruktur untuk tahun 2024 dialokasikan sebanyak Rp 422,7 triliun, naik 5,8 persen dari tahun sebelumnya, pembangunan masih dalam proses meskipun menghadapi beberapa kendala. Meski begitu, komitmen pemerintah dalam pengembangan infrastruktur tetap teguh, menggarisbawahi tekad untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.