06/05/10

Memilih Note Book/Lap Top




Tidak mudah mengumpulkan, dan menguji aneka notebook secara bersamaan. Namun kami berhasil melakukanya sehingga Anda dapat gambaran yang tepat tentang pilihan notebook saat ini. Lalu, notebook mana yang anda pilih.....?
karena yang Ringan Semakin Bertebaran

Satu fenomena yang menarik yang kami amati adalah semakin banyak notebook dengan bobot dibawah 2 kg. Hampir semua pabrikan memiliki notebook jenis ini. Hal ini sejalan dengan selera konsumen saat ini, yang menginginkan notebook yang tidak membuat sakit punggung ketika harus dibawa-bawa. Namun notebook seperti ini harganya sedikit diatas rata-rata. Maklum karena ukuranya kecil , system pendinginya juga harus canggih.

Notebook ringan yang paling murah adalah MSI mega book S272,dan axioo centaur C826 dengan harga sekitar Rp.10 juta. Namun megabook S272 menggunakan prosessor AMD, dan bukan platform centrino sepereti notebook lainya. Spesifikasi tinggi : Prosessor AMD turion TL50 (nomor dua tertinggi dijajaran prosessor mobileAMD), dan memory `1 GB. Dan prosessor AMD lebih murah, harga notebook ini bisa dibawah notebook sekelas.

Notebook unit lainya dijajaran notebook ringan adalah fujitsu LBP1610. Ukuran layarnya cuma 8,9” tetapi harganya mencapai US$ 2700. ada beberapa factor yang menyebabkan harganya setinggi itu. Pertama karena ia adalah PC tablet (yang memiliki layer sentuh), dan kedua karena dilengkapi dengan slot UMTS, atau bahasa pakenya 3G. Jadi notebook ini memungkinkan anda menggunakan jaringan seluler untuk terhubung ke internet.

Pengujian kali ini juga melibatkan 2 notebook yang diasosiasikan dengan mobil yaitu Asus Lamborgini VX1, dan accer Ferrari 1000. tampilan keduanya sangat keren, tetapi seperti mobilnya, kedua notebook ini dibandrol dengan harga sangat tinggi .

Notebook lainya juga tidak kalah menarik. Karena keterbatasan tempat, setiap notebook diulas dalam format berdasarkan abjad. Di bagian akhir kami pilih notebook yang menurut kami terbaik, sekadar memudahkan anda untuk memilih.

Jangan Hanya Spesifikasi

Sebagian orang mungkin lebih memperhatikan spesifikasi, pada hal banyak factor lain yang harus anda perhatikan saat memilih notebook . Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Kualitas layar
Layar adalah salah satu bagian termahal dari sebuah notebook, dan sering kali menjadi bagian yang menentukan factor harga . Layar juga akan menentukan kepuasan anda dalam melakukan kegiatan komputasi , jadi pastikan kualitasnya sesuai keinginan anda .cek apakah layarnya cukup terang , dan memiliki sudut pandang yang lebar.

Anda memiliki pilihan kertas foto, apakah mulis atau berbintik-bintik? Pilihan ini juga ada untuk layer notebook. Yang menyasar segmen hiburan biasanya memiliki layer licin dan mulus, membuat tampilan video lebih bisa dinikmati. Semntara notebook-notebook untuk segmen bisnis biasanya memiliki layar yang “agak kasar” , yang “katanya” lebih ramah dimata untuk jangka waktu yang lebih lama.

2. Ukuran batere
Meskipun tidak berkorerasi, daya tahan batere tergantung kapasitas batere. Kap[asitas batere beragam, ada yang Cuma 2200 mAh, ada pula yang sampai 7800 mAh. Semakin besar kapasitas batere, semakin lama daya tahanya. Namun semakin besar kapasitasnya berarti semakin berat bobotnya, jadi Anda harus pandai-pandai mencari angka optimalnya.

3. Tata letak kunci keyboard

Sebagai bagian yang sering kita gunakan , touchpad, dan keyboard menjadi factor menentukan dalam kenyamanan penggunaan. Faktor touchpad mungkin tidak terlalu krusial, karena jika tidak nyaman, fungsinya bisa digantikan oleh mouse eksternal. Lain halnya dengan keyboard. Karena itu, coba dulu sebelim membeli. Pastikan tombolnya empuk saat ditekan, dan kunci-kunci shortcutyang sering anda gunakan, seperti Page down, Home, End, tidak harus diakses melalui fungsi Fn.
4. Panas
Notebook jaman sekarang memiliki komponen berkecepatan tinggi, yang sekaligus menghasilkan panas yang lebih tinggi pula. Sayangnya, tidak semua notebook mengatasi masalah ini. Karena itu, pastikan untuk meraba bagian sekitar keyboard dan sandaran tangan untuk memastikan panas yang dihasikan tidak mengganggu.Perhatikan pula posisi buangan panas, karena buangan panas dikanan akan langsung menyembur tangan jika anda menggunakan mouse eksternal

Dalam pengujian kali ini kami menggunakan beberapa metode pengujian untuk melihat kinerja sebuah notebook. Software yang kami gunakan adalah :

a. PCMark 2005:

Program ini menghitung kinerja notebook berdasarkan kemampuan setiap komponen, seperti prosessor, memory, hard disk, dan kartu grafis. Angka yang dihasilkan menunjukan nilai akumulatif dari kinerja setiap komponen tersebut.

b. Encoding Vidio dan Audio:

Pengujian ini mencoba mensimulasikan kegiatan encoding file video dan audio, suatu kegiatan yang sering kita lakukan saat ini. Dari pengujian ini kita juga bisa melihat notebook dalam menjalankan aplikasi berbasis prosessor, seperti Office, manipulasi gambar dan sebagainya.

c. 3DMark 2006:

Jika pengujian encoding lebih memperlihatkan kemampuan prosessor dan memory, pengujian 3DMark 2006 akan memperlihatkan kemampuan grafish notebook merepresentasikan kemampuanya menjalankan game tertentu. Namun segagai gambaran, angka 100 pada 3DMark 2006 kira-kira bisa menjalankan game doom 3 pada resolusi rendah.